Selasa, 16 Desember 2008

contoh iklan advertising Pr II

Sebelum adanya teknologi, PR berbasis pada tulisan tangan melalui media cetak. Dengan adanya teknologi, kegiatan PR dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tugas PR ialah menjaga media relation dengan public dan stakeholder. Pada dasarnya tujuan dari PR ialah untuk berkomunikasi, melalui teknologi, dunia global seperti disatukan satu dengan yang lainnya. Sehingga, komunikasi yang disampaikan menjadi jauh lebih mudah dan luas, mencakup wilayah global dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu teknologi merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan PR. global seperti disatukan satu dengan yang lainnya.
Dengan teknologi, PR dapat dilakukan melalui : Video Confrence, Video News Release, Web Casting, Personal Computer, Online Monitoring, The Email Revolution, Interactive PR.
Kesenjangan teknologi dengan kondisi perkembangan PR di Indonesia:
Video Conference: didistribusikan melalui satelit yang merupakan alat penting bagi PR. dengan teknologi ini PR professional dapat bekerja walaupun dalam jarak yang jauh. Di Indonesia, VC sudah banyak digunakan, tetapi belum dapat mencakup seluruh daerah di Indonesia, karena signal satelit yang dipancarkan kurang begitu baik. Contoh: praktisi PR dapat berkomunikasi dengan para stakeholder nya tidak harus bertemu secara langsung, juga ditempat dan waktu yang berbeda.
Video News Releases: VNR sejajar dengan media cetak namun dapat didengar dan dilihat bukan sekedar dibaca. Walaupun biayanya mahal, free publicity yang didapatkan dengan VNR. Durasinya biasanya 90 detik hingga 2 menit. Di Indonesia belum terlalu umum digunakan, dan apabila digunakan belum bisa mencakup daerah terpencil.
Web Casting: Tipe broadcasting yang terdiri atas video dan audio di internet, biasanya digunakan untuk live press conference. Jadi dalam kasus ini reporter atau produser dapat menontonnya langsung melalui desktop.Di Indonesia, teknologi ini sudah umum digunakan terutama di daerah kota besar.
Personal Computer:Sekarang semua firma PR mempunyai personal komputer untuk menyimpan online data base. Di Indonesia, perkembangan firma PR sudah sangat pesat. PR bukan hanya sekedar pembicara tetapi sebagai investasi perusahaan, kerena itu penyimpanan data base di personal komputer sangat penting.
Online Monitoring: Teknologi ini membantu mereka bagaimana perkembangan media, pesaing, dan customer. Otomatis teknologi ini sangat dibutuhkan oleh setiap praktisi PR termasuk di Indonesia.
The E-mail Revolution:Teknologi ini sangat berperan di Indonesia. Bagi praktisi PR, E-mail merupakan metode dasar untuk berkomunikasi dengan pihak lain.
Interactive PR: Ini merupakan interactive news release yang lebih specific dengan menggunakan password yang dilindungi untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan. Setiap praktisi PR professional umumnya menggunakan teknologi ini termasuk di Indonesia.
Paduan yang pas antar iklan dan teknologi
Pada intinya advertising adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan pada pemirsa berpotensial mengenai produk dan jasa yang akan dipasarkan. Target pemirsa advertising tentunya adlaah masyarakat dalam jumlah besar. Maka itu advertising membutuhkan media yang dapat mencakup masyarakat besar pula agar komunikasinya dapat tersampaikan. Media media tersebut adlah media massa yang terdiri dari Televisi, radio, Majalah, koran Internet, dll. Kesemua media tersebut pastinya tidak terlepas dari teknologi. Teknologi jelas sangat besar perannya dalam penyampaian pesan. Dengan teknologi pesan dapat disampaikan kepada msayrakat luas hanya dengan sekejap. Dalam advertising pun speperti itu. Perkembagan advertising juga tidak terlepas dari teknologi.
Misalnya jaman dulu iklan mungkin hanyalah sampai teknologi cetak saja, namun berjalan seiring dengan perkembangan teknologi sperti Tv, radio, internet. Maka advertising juga merambah media berteknologi mutakhir ini. Hal ini dimaksudkan agar penyampaiannya lebnih mudah dan dampak yang terjadi sesuai dengan dampak yang diharapkan.
Contoh langsung adalah ‘online advertising’. Online advertising adalah iklan yang muncul di website-website tertentu. Misalnya pada situs www.yahoo.com atau www.detik.com. Ini adalah situs yang umum dikunjungi oleh masyarakat. Dengan advertiser merambah teknologi ini, maka otomatis penyampaian pesan kepada orang banyak juga bisa tercapai. Apalagi sekarang ini internet tengah digemari oleh orang banyak. Fakta mengatakan 52% wanita, informasi dari internet memabntu mereka untuk mendapat hidup yang lebih sehat dan satu dari empat wanita mengungkapkan bahwa mereka dapat menimprovisasikan penampilan mereka info-info kecantikan melalui internet. Ini adalah pasar yang sangat berpotensi bagi pengiklan kosmetik misalnya.dampak yang dihasilkan pasti sangat signifikan karena advertiser membidik target yang tepat melauli media yang tepat pula.
Contoh lainnya adalah pada teknologi ‘Database marketing’. Teknoligi memungkinkan advertiser untuk menyimpan informasi pribadi si konsumen agar mereka dapat mengirimkan pesan langsung secara pribadi. Contohnya ucapan selamat ulang tahun sekaligus megiklankan launching produk baru. Ini sangat membantu dalam penyampaian pesan dan dampaknya agar tercapai sesuai harapan.
Di Indonesia sendiri advertising sudah cukup maju dan semakin kreatif, namun masih ada beberapa teknologi yang belum bisa dijangkau oleh Indonesia. Contohnya Interactive TV dimana advertiser menggunakan media ini untuk mengiklankan produknya, dan penonton juga bisa mengakses email, browsing. Smeuanya ini bisa dilakukan sambil menonton TV.
Teknologi yang belum ada juga adalah talking billboard. Teknologi ini adalah billboard interaktif yang bisa berbicara dan berganti gambar sesuai dengan siapa yang berdiri didepannya. Selain itu dibuku ini jgua ada lembaga seperti (ACT) Action for Children. Ini adalah lembaga yang mengajarkan anak-anak dalam menganalisa iklan, dan juga melindungi anak-anak dari iklan yang tidak tepat.

Iklan yang berteknologi tinggi:
- Billboard A-Mild di Senayan pada bulan puasa,Billboard ini sangat menarik perhatian masyarakat, karena penyampaiannya yang berbeda pada siang dan malam hari. Pada siang hari, gambar yang ditampilkan hanya berupa mangkok kosong, tetapi disaat menjelang malam mangkok itu berubah menjadi terisi beraneka ragam makanan.
- Billboard TV plasma LG di mal senayan city.Iklan ini terdapat di tempat pengecekan mobil mal senayan city, jadi billboard ini bergerak turun dan naik seiring dengan pemeriksaan mobil.

- Billboard di Time Square, New York.Iklan gedung-gedung di New York, sudah sangat berkembang pesat dengan tampilan billboard yang bergerak mengikuti gedung itu. - Sliding Billboard yang berganti dalam kurun waktu tertentu.
- LCD plasma TV di jalan-jalan utama ibukota, contoh : di depan bundaran HI.- Iklan 3 dimensi di Plaza Senayan.

Tidak ada komentar: