Selasa, 16 Desember 2008
resume1
StakeholderStakeholder adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di lur perusahaan yang mempunyai peran dalam menetukan keberhasilan perusahaan.Tugas PR dalam hal ini adalah membina hubunagna baik denagna phak-pihak tersebut melalui suatu proses komunikasi.Secara umum, stakeholder dapat dikelompkkan menjadi dua bagian, yakni stake holder internal dan stakeholder eksternal.Sering timbul kesalahpahaman pada masyarakat awam bahwa ruang lingkup pekerjaan PR terbatas pada stakeholder eksternal. Anggapan ini tidak benar, karena PR bertugas membina hubungan yang serasi dan saling percaya, baik dengan pihak-pihak di luar perusahaan, maupun didalam perusahaan.Interest dan kepentingan masing-masing stakeholderStakeholder internalunsur-unsur pemegang stakeholder internal adalah pemegang saham, Manajer dan top executives, karyawan,dan keluarga karyawan.Dalam manajemen moder,n, keberhasilan perusahaan untuk memperoleh kepuasan stakeholder dapat dijadikan indicator keberhasilan perusahaan.Dikebanyaka perusahaan, kedudukan PR dewasa ini dirangkap oleh seorang corporate secretary.hal ini tidak lain karena kedekatan posisi seorang corporate secretarydengan pimpinan puncak.Stakeholder eksternalStakeholder eksternal adalah unsure-unsur yang berada di luar kendali perusahaan (uncontrollable)Beberapa unsur pada stakeholder eksternal yang dianggap penting adlahKonsumen,bank,pemerintah, pesaing dan komunitas.Unsur-unsur dalam lingkungan eksternal cenderung lebih kompleks dan lebih sukar dikendalikan perusahaan. Semakin kompleks unsure tersebut semakin besar kemungkinan perusahaan menciptakan departemen baru.maka lahir beberapa istilah-istilah Government PR, Community Relations,IndustrialRelations, Financial relationsPress relations dan sebagainya.merka adlah orang-orang ynag specialis dibidang PR yang membatasi diri pada stakeholder tertentu.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar